RSS

Selasa, 27 Oktober 2009

BAB 1 KELAS XI

PRINSIP KONEKSI

Satu komputer dapat terhubung dengan komputer lainnya jika komputer tersebut berada dalam satu jaringan dengan komputer lainnya. Jaringa tersebut disebut NETWORK.
Komputer dapat menjadi bagian jaringan yang lebih komleks atau disebut internet jika salah satu komputer terhubung dengan internet.
Salah satu cara agar terhubung dengan internet adalah dengan memanfaatkan layanan yang telah disediakan oleh perusahaan penyedia akses internet atau yang disebut Internet Service Provider (ISP)

Trik Mempercepat Koneksi Internet
Filed under
Bandwidth, Download, Internet
Ada beberapa trik yang dapat kita lakukan bersama agar koneksi internet dapat sedikit lebih cepat :


1. Jika masih menggunakan windows, mohon check dan bersihkan komputer anda masing-masing apakah terserang virus Downadup atau Conficker worm.Virus tersebut telah mengganggu sistem jaringan di berbagai tempat dan tentu saja dapat juga mengganggu sistem jaringan intranet kita. Untuk mencoba cara mengatasinya silahkan pelajari pedoman disini.
Atau segera ganti OS anda dengan Linux yang dikenal lebih kebal terhadap gangguan yang demikian. Untuk melakukan hal ini jika menemui kesulitan hubungi staff IT Center kita (ext. 2014).
Jika anda merasa OS anda tidak terkena serangan demikian maka lakukan hal berikutnya :


2. Download dan install Google Web Accelerator di sini : http://webaccelerator.google.com/


3. Setting browser anda dengan cara seperti berikut :
Untuk Pengguna Internet Explorer:
- Pilih menu [Tools]
- Pilih [Internet Option]
- Klik tab [General]
- Pada opsi “Temporary Internet Files” klik [Setting] lalu geser slider-nya
- Untuk Pengguna Mozilla Firefox:
- Buka browser Mozilla Firefox
-Pada address bar ketikan : about:config
- Ubah “network.http.pipelining” dan “network.http.proxy pipelining” menjadi : true
- Isi “network.http.pipelining.maxrequest” antara : 30 – 100 (makin besar makin cepat)
- Terakhir, Klik kanan dimana saja dan pilih New -> Integer, Tuliskan : nglayout.initialpaint.delay lalu isi dengan : 0



KEGUNAAN INTERNET

Internet mempunyai banyak kegunaan yang menguntungkan dalam berbagai bidang (bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi, dsb) antara lain :

1. Informasi yang didapatkan lebih cepat dan murah dengan menggunakan berbagai aplikasi antara lain : email, NewsGroup, www, FTP.

2. Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contoh : koran, majalah dan brosur.

3. Sebagai media promosi, contoh : pengenalan dan pemesanan produk.

4. Komunikasi interaktif, meliputi : email, dukungan pelanggan dengan www, video, conferencing, internet relay chat, internet phone

.5. Sebagai alat untuk research dan development.

6. Pertukaran data


7. Infomasi yang diperoleh lebih cepat dan murah dengan aplikasi
v E-mail
v WWW
v NewsGroup
v FTP
v Gopher

8. Mengurangi biaya kertas dan distribusi, seperti :
►Koran masuk internet
►Majalah, brosur, dan media cetak lainnya

9. Sebuah media promosi, seperti:
■ Citra perusahaan
■ Pengenalan dan pemesanan produk

10. Komunikasi interaktif

11. Sebagai alat reseach and development




PERTUMBUHAN INTERNET

Meski belum menjamah pelosok terpencil di Indonesia, internet bukan lagi barang asing bagi warga Indonesia. Facebook, Twitter, chatting, melihat dan berkirim surat elektronik, bahkan untuk mengecek cuaca dan konversi mata uang, Internet bisa diandalkan, sungguh memudahkan orang melakukan banyak hal. Menemukan teman masa kecil yang lama tak bersua pun tak lagi ribet.
Bahkan kini, setelah teknologi hubungan internet lewat udara alias Wi-Fi ditemukan plus internet dalam ponsel, orang tak lagi harus terikat komputer dan kabel berseliweran. Tinggal aktifkan GPRS, di manapun anda bisa berseluncur, bahkan jika mau di WC sekalipun.
Berkomunikasi dengan saudara atau teman dari belahan dunia bukan lagi perkara sulit. Dunia telah dilipat, begitu menurut Yasraf Amir Piliang dalam sebuah buku (1998).
Namun tahukah anda, bahwa untuk mendapat kemewahan teknologi internet yang kita rasakan sekarang, begitu banyak tahapan yang harus dilalui? Berikut ini adalah langkah-langkah besar, sekaligus peristiwa yang menjadi penanda utama perkembangan dan pertumbuhan internet di dunia seperti yang dilansir oleh AFP

1969: Pada tanggal 2 September, dua komputer di Universitas California, Los Angeles, bertukar data tidak penting pada pengetesan pertama Arpanet, sebuah jaringan militer bersifat uji coba. Koneksi pertama antara dua situs –UCLA dan Institut Riset Stanford di Menlo Park, Calif–berlangsung pada 29 Oktober, meski jaringan mengalami crash setelah dua surat pertama dengan kata “logon” dikirim. UC Santa Barbara dan University of Utah bergabung kemudian dalam jaringan itu.


1970: Aparnet mendapat titik kordinat pertama hubungan dengan Kawasan Pantai Timur di Bolt, Beranek dan Newman di Cambridge Massachuset.


1972: Ray Tomlinson memasukan email ke dalam jejaring, memilih @ sebagai simbol “at” sebagai cara untuk membedakan alamat email yang dimiliki sistem lain.


1973: Arpanet memperoleh titik kordinat hubungan internasional pertama di Inggris dan Norwegia.


1974: Vint Cerf dan Bob Kahn mengembangkan teknik komunikasi bernama, TCP, membuat berbagai jejaring mampu untuk memahami satu sama lain, menciptkan Internet sejati. Konsep kemudian terbagi menjadi TCP/IP sebelum adopsi formal apda 1983.


1983: Sistem nama Domain diajukan. Menciptakan akhiran seperti “.com” “.gov” dan “.edu” lahir setahun kemudian.


1988: Salah satu worm (cacing) Internet pertama, Morris, membuat lumpuh ribuan komputer.


1989: Quantum Computer Services, kini AOL, mengenalkan layanan America Online untuk Macintosh dan komputer Apple II, memulai ekspansi yang akan menghubungkan sekitar 27 warga Amerika secara online pada 2002.


1990: Tim Berners-Lee menciptakan World Wide Web ketika mengembangkan cara untuk mengontrol komputer jarak jauh dari Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir, CERN.


1993: Marc Andreessen dan para koleganya di Universitas Illinois menciptakan Mosaic, browser jejaring pertama yang mengombinasikan grafis dan teks di satu tampilan, membuka Web ke dunia luar dengan software yang mudah digunakan.


1994: Andreessen and beberapa orang di tim Mosaic membentuk perusahaan untuk mengembangkan browser Web komersial pertama, Netscape, mengusik keberadaan Microsoft Corp. dan pengembang lain yang membidik potensi komersial dalam Web. Dua pengacara imigrasi mengenalkan dunia pada spam, lewan iklan layanan lotere green card mereka.


1995: Amazon.com Inc. membuka pintu virtual perusahaan mereka.


1998: Google Inc. menggagas sebuah proyek yang dimulai dari ruang asrama Stanford. Delegasi Pemerintah AS mengawasi kebijakan nama domain di Internet Corporation untuk Menetapkan Nama dan Nomor, atau ICANN. Departemen Kehakiman AS dan 20 negara bagian menggugat Microsoft, menuduh pembuat OS Windows itu menggunakan kekuatan untuk menindas pasar demi mencegah kompetisi dari Netscape dan pihak lain.


1999: Napster mempopulerkan sistem berbagi file di dunia musik dan menginspirasi penerus sejenis yang akhirnya mengubah industri rekaman musik secara permanen. Populasi internet dunia melewati angka 250 juta.


2000: Booming dan merebaknya dot-com pada 1990-an menjadi sebuah puncak baru ketika teknologi perusahaan mulai merosot. Amazon.com, eBay dan situs-situs lain lumpuh dalam penyebaran pertama, denial-of-service attack (serangan penghadang layanan). Situs-situs tersebut dibanjiri dengan pengunjung-pengunjung palsu sehingga pengunjung asli tak mampu mengkses.


2002: Populasi internet dunia melampaui 500 juta.


2004: Mark Zuckerberg mulai meluncurkan Facebook, sebagai produk kedua di Havard University.


2005: Situs video-sharing, YouTube, meramaikan dunia maya.


2006: Populasi internet dunia melewati angka 1 milyar.


2007: Apple Inc. merilis iPhone, mengenalkan jutaan manusia lebih ke akses internet nirkabel


2008: Populasi internet dunia tembus 1,5 milyar. Populasi internet Cina mencapai 250 juta, mengungguli populasi di Amerika Serikat, mengukuhkan diri sebagai negara dengan pengguna internet terbesar di dunia. Pengembang Netscape menarik diri sebagai browser pioner. Firefox tetap berjaya. Maskapai besar mengintensifkan upaya mengusung layanan internet dalam penerbangan.


2009: The Seattle Post-Intelligencer menjadi surat kabar harian besar pertama yang beralih online sepenuhnya, tak lagi mencetak berita dalam kertas melainkan menayangkan kabar berita terbaru tiap menit dan detik lewat internet. Google mengumumkan sistem operasi (OS) pertama gratisan, Chrome, didesain bagi pengguna–terutama mereka yang berpengalaman–di dalam web.


FUNGSI PERANGKAT KERAS YANG DIGUNAKAN UNTUK AKSES INTERNET



PERANGKAT KOMPUTER PRIBADI (PERSONAL COMPUTER)


Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat mentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.

Spesifik Komputer yang dapat digunakan untuk akses internet :
v minimal pentium 133 MHz
v didukung RAM berkecepatan 32 MB
v harddisk berkapasitas yanng cukup besar




MODEM ( MODULATOR DEMODULATOR )

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.
Secara singkatnya, modem merupakan alat untuk mengubah sinyal digital komputre menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Komputer yang melakukan koneksi dengan internet dihubungkan dengan saluran telpon melalui modem. Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjai tiga jenis. Antara lain:


1. Modem Dial Up
Modem dial Up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telpin. Jenis modem dial up ada dua macam yaitu:
1) Modem Internat
Merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.
Adapun keuntungan penggunakan modem internal sebagi berikut.
a) Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis
b) Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel.
Sedangkan kelemahan modem internal sebagai berikut.
a) Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem
b) Modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan daya dari power supply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.
2) Modem Eksternal
Modem eksternal merupakan modem yang letaknya diluar CPU komputer. Modem ekternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi ke adaptor lalu disambungkan kembali ke listrik.
Keuntungan modem eksternal:
a) Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa pindah-pindah untuk digunakan pada komputer lain
b) dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau status dari modem.
Kelemahan dari modem eksternal.
a) harga lebih mahal dari pada modem internal

2. Modem Kabel
Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan modem dialup atau modem ADSL, kecepatan modem kabel maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). Sebelum dapat terkoneksi dengan internet, maka pengguna diharuskan untuk melakukan pendaftaran kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP (internet Service Provider).

3. Modem ADSL (asymmetric Digital Subscriber line)
ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain. Ide utama teknologi ADSL adalh untuk memecah sinyal line telpon menjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakuakn atau meneima panggilan telpon dan melakukan koneksi internet secara simultan tanpa saling menggangu.
Kecepatan sebuah modem diukur dengan satuan bps ( bit per second ), dengan kecepatan antara 300bps – 56,6 kbps

SALURAN TELEPON
Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan sauran telpon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Selain saluran telpon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.

PERANGKAT LUNAK
Internet Explorer
Windows 2000
Windows 95 atau 98


INTERNET SERVICE PROVIDER ( ISP )
Sesuai dengan namanya, profil ini umumnya digunakan oleh penyedia layanan Internet yang ingin mendistribusikan sebuah browser yang telah di-customize dengan layanan-layanan spesifik Internet Service Provide (ISP) tersebut. Contohnya, dengan menggunakan profil ini, ISP dapat mengatur perangkat lunak yang dapat digunakan untuk melakukan koneksi Internet. Dengan begitu, ISP diharapkan dapat lebih memudahkan pengguna untuk melakukan koneksi karena secara otomatis hal tersebut akan ditangani oleh Internet Explorer.

Layanan yang disediakan oleh ISP :

v Dial – up

dial-up adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada akses Internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak. Pertama-tama, komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet. Setelah terhubung maka komputer dapat segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon.

Untuk melakukan Dial-up Connection, dibutuhkan perangkat-perangkat sebagai berikut:
Perangkat keras (hardware):
- Komputer
- Modem
- Saluran Telepon
Perangkat Lunak (software): pada umumnya disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan.
Username (login) dan Password: disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan, login tidak dapat diganti sedangkan password dapat kita ganti sendiri secara berkala untuk menjaga keamanan.
Yang perlu kita lakukan adalah:
Berlangganan ke salah satu ISP terdekat
Memasang modem ke komputer kita
Meng-install software Internet yang disediakan oleh ISP
Menghubungkan diri (dial-up) ke ISP
Setelah komputer terhubung ke ISP maka saat itu pula komputer sudah dapat terhubung ke Internet dan kita dapat memulai penjelajahan di Internet. Hubungan ke Internet hanya terjalin selama mempertahankan koneksi komputer kita ke ISP melalui modem. Begitu kita memutuskan hubungan modem ke ISP maka saat itu pula kompuer terputus dari Internet.
Hubungan yang kita lakukan ke ISP adalah hubungan lokal (menggunakan pulsa telepon lokal) namun kita sudah bisa menjelajahi Internet dan mengunjungi tempat-tempat lain di seluruh
dunia. Tentunya ‘kunjungan’ kita ke tempat-tempat lain tersebut bersifat maya (tidak nyata) karena kita hanya dapat melihat-lihat informasi yang terkandung di komputer-komputer lain di seluruh dunia yang terhubung ke Internet. Karena sifatnya yang maya inilah maka Internet dikenal sebagai cyberspace (dunia maya).
Dial-up Connection ini pada umumnya digunakan oleh pribadi-pribadi yang menginginkan untuk mengakses Internet dari rumah. Komputer yang digunakan untuk dial-up pada umumnya adalah sebuah komputer tunggal (bukan jaringan komputer)
Contoh menghubungkan lewat ISP “TelkomNet Instan”
Dalam menghubungkan diri ke Internet, ada beberapa langkah yang dilakukan oleh komputer, yaitu :
Dialing (memanggil nomor, misal 080989999)
Verifying Username (memverifikasikan nama pengguna dan sandi)
Handshaking ("berjabat tangan", artinya menyeragamkan parameter koneksi)
Connecting (menghubungkan diri ke Internet).

v Hotspot
adalah salah satu bentuk pemanfaatan teknologi Wireless LAN pada lokasi-lokasi publik seperti taman, perpustakaan, restoran ataupun bandara. Pertama kali digagas tahun 1993 oleh Brett Steward. Dengan pemanfaatan teknologi ini, individu dapat mengakses jaringan seperti internet melalui komputer atau laptop yang mereka miliki di lokasi-lokasi dimana hotspot disediakan.
Pada umumnya, hotspot menggunakan standarisasi WLAN IEEE 802.11b atau IEEE 802.11g. Teknologi WLAN ini mampu memberikan kecepatan akses yang tinggi hingga 11 Mbps (IEEE 802.11 b) dan 54 Mbps (IEEE 802.11 g) dalam jarak hingga 100 meter.

v Mobile Acces
Mobile Access adalah layanan akses internet dari Indonet untuk para pengguna bergerak (mobile user) yang membutuhkan akses internet dimana saja tanpa dibatasi oleh kendala batasan ruang dan kendala tidak adanya ketersediaan kabel di lokasi pengguna (user).


v Wireless

Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.
Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses
internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.


v Dedicated Conne
Adalah layanan koneksi ke Internet selama 24 jam sehari dengan menggunakan bermacam metode akses yang sesuai dengan keperluan pemakai.:: Metode Akses - Leased LineKoneksi Internet dengan menggunakan saluran telepon khusus, tersedia dengan kapasitas bandwidth mulai dari 64 Kbps hingga 512 Mbps. Minimum Requirements:» Intranet Network (Server, gateway & workstation)» 1 Pasang Modem Leased Line» Router» Line telepon dengan interferensi yang rendahFasilitas yang diperoleh: (negotiable)» 5 Static IP Addresses» Domain Perusahaan anda (.com, .co.id) untuk 1 tahun pertama.Keuntungan:» Fleksibel, dapat mengakses situs dan E-mail anda dimana saja.» Akses tanpa batas, saluran telepon tersedia setiap saat.» Mudah, karena instalasi dilakukan oleh Technical Support kami.:: Metode Akses - WirelessSalah satu alternatif metoda koneksi point to point dengan jangkauan radius hingga 30 km. Kecepatan akses yang dapat digunakan hingga 11 Mbps.Sangat baik untuk perusahaan yang mempunyai area lokasi yang luas, yang tidak memungkinkan dilakukan interkoneksi dengan menggunakan kabel.Efisien, karena tidak menggunakan saluran telepon. Minimum Requirements:» 1 Pasang Perangkat wireless» PC Router» Intranet Network (Server, gateway & workstation)Fasilitas yang diperoleh: (negotiable)» 5 Static IP Addresses (expandable)» Nama Domain perusahaan anda (.com, .co.id) 1 tahun pertama.Keuntungan:» Fleksibel, dapat mengakses Internet dan E-mail dimana saja.» Sesuai bagi perusahaan yang membutuhkan akes data tinggi.» Tidak mengganggu pengguna telepon.ction

PERANGKAT KERAS PENDUKUNG AKSES INTERNET


Selain ketiga perangkat utama di atas terdapat juga beberapa perangkat keras pendukung akses internet. Antara lain:


1. Hub/Switch
Hub merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menggabungkan beberapa computer. Hub menjadi saluran koneksi sentral untuk semua computer dalam jaringan. Hub dibedakan menjadi dua yaitu, active hub merupkan sebuah repeater elektrik yang dilenggkapi dengan 8 konektor yang berfungsi untuk membentuk sinyal digital yang dikirim dan menyesuaikan impedensinya untuk memelihara data sepanjang jalur yang dilaluinya, yang kedua adalah passive hub merupakan sebuah repeater elektrik yang memiliki 4 konektor yang berfungsi untuk menerima sinyal pada salah satu konektor dan meneruskannya pada tiga konektor lain.


2. Repeater
Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal dikirim sama dengan sinyal aslinya.


3. Brige
Berige merupakan perangkat lunak menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang menggunakan protocol sama/sejenis. Dengan bridge sebuah paket data mampu dikirim dari satu LAN ke LAN lain.


4. Router
Router merupakan perangkat yang berfungsi hamper sama dengan bridge. Namun perangkat ini punya keunggulan selain untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe sama, router juga bisa untuk menghubungkjan dua buah LAN dengan tipe berbeda


Tidak ada komentar:

Posting Komentar