Mengelola dan Mencetak Lembar Kerja Menggunakan Print Preview
Langkah – langkah untuk menampilkan hasil cetakan di layer monitor
a.pilih menu file → print preview
b.selanjutnya akan menampilkan jendela preview
Tombol – tombol yang ada pada toolbar print preview
a.next untuk menampilkan halaman berikutnya
b.previous untuk menampilkan halaman sebelumnya
c.zoom untuk memperbesar atau memperkecil tampilan
d.print untuk melakukan pencetakan
e.setup mengatur halaman, ukuran kertas, header/footer, dan margin
f.margins untuk mengatur baris halaman
g.page break preview untuk mengubah tampilan lembar kerja dalam format page break
h.close untuk menutup jendela preview
i.help untuk memunculkan fungsi bantuan
B.Mencetak Buku Kerja dan Lembar Kerja
1. Mencetak Lembar Kerja
a. pilih menu file → print, tekan tombol print pada toolbar print preview
b. pada kotak dialog print terdapat beberapa pilihan
1. printer untuk menentukan kemana dokumen akan dicetak
- name untuk memilih nama printer
- properties untuk mengatur pilihan atau fasilitas yang tersedia pada printer
- find printer untuk mencari printer tertentu dalam jaringan
- print to file untuk menyimpan cetakan pada file dan untuk dicetak pada waktu lain
2. print range untuk menentuka halaman yang akan di cetak
- all untuk mencetak semua halaman pada lembar kerja
- page(s) untuk mencetak halaman tertentu saja
3. print what untuk menentukan lembar kerja yang akan dicetak
- selection untuk mencetak sel sel tertentu pada lembar kerja yang di blok
- active sheet(s) untuk mencetak semua isi lembarkerja yang aktif
- entire workbook untuk mencetak s4emua lembarkerja yang terdapat pada buku kerja
- copies untuk menentukan jumlah salinanm yang aka dihasilkan
c. selanjutnya tekan tombol ok
Langkah langkah untuk mencetak sebagian lembar kerja yaitu
a.pilih sel yang akan dicetak
b.pilih menu file → print area → set print area, selanjutnya bidang yang akan dicetak di hasilkan garis putus – putus
c.buka kitak dialog print dengan memilih menu file → print
d.selanjutnya atur pencetakan
2. Mencetak ke File
Untuk mencetak dokumen ke file dapat dilakukan dengan cara berikut
a.buka menu file → print
b.selanjutnya akan ditampilkan kotak dialog print. Tandai kotak print to file. Selanjutnya tekan tombpl ok
c.pada kotak dialog print to file masukan nama file pada kotak output file name
Langkah selanjutnya adalah
a.pilih menu file → print area → set print area
b.buka menu file → print
c.tandai kotak print to file dengan mengklik kotak tersebut. Selanjutnya tekan tombol ok
d.pada kotak fdialog print to file, masukan nama fil;e pada kotak output file name. hasil pencetakan dokumen akan tersimpan dalam bentuk file
C.Mengatur Tata Letak ( Layout ) Cetakan
1. Mengatur kertas
Untuk mengubah ukuran kertas pada Microsoft excel dapat digunakan langkah langkah sebagai berikut.
a.pilih menu file → page set up
b.pada bagian tab page terdapat beberapa pilihan untuk menentukan format kertas, yaitu sebagai berikut
1.orientation mengatur orrientasi pencetakan atau tata letak kertas
2.scaling untuk mengatur skala pencetakan
adjust to menentukan ukuran pencetakan berdasarkan persentase
fit to memadatkan isi hasil pencetakan menjadi sejumlah halaman yang ditentukan
3.paper size menentukan ukuran kertas yang akan digunakan dalam pencetakan
4.print quality menentukan kualitas pencetakan
5.first page number menentukan halaman pertama, jika bukan 1.
6.untuk mengatur format pencetakan lainnya dapat digunakan tombol options
7.tombol print dilakukan untuk melakukan pencetakan ke printer
8.tombol print preview digunakan untuk menampilkan hasil cetak di layar monitor
2. Mengatur Margin
Untuk mengatur margin dapat digunakan langkah – langkah sebagai berikut.
a.Pilih menu file → page set up
b.Pilih tab margins
c.Selanjutnya dapat dilakukan pengaturan margin dengan mengisi nilai margin dan pengaturan lainnya pada kotak yang tersedia
1.top mengatur batas kertas atas
2.bottom mengatur batas kertas bawah
3.left mengatur batas kertas kiri
4.right mengatur batas kertas kanan
5.header mengatur jarak tepi atas halaman
6.footer mengatur jarak tepi bawah halaman
7.center on page mengatur posisi rata tengah halaman
3. Mengatur Header dan Footer
Untuk membuat header dan footer dapat dilakukun dengan cara sebagai berikut
a.pilih menu file → page set up
b.pilih tab headerdan footer
c.untuk membuat sendiri header dan footer dilakukan dengan menekan tombol costum header atau footer
d.isi kotak section dengan teks yang di inginkan
4. Mengatur Lembar Kerja
Langkah untuk mengatur lembar kerja sebagai berikut
a.pilih menu file → page set up
b.isi kotak print area
c.masukan judul pada print title
d.fungsi lain yang ada dalam lembar kerja hasil pencetakan
1.gridlines menampilkan garis skala
2.row and columnheadings menampilkan bingkai
3.black and white warna hasil pencetaka hitam dan putih
4.draft quality mencetak dengan kualitas draft
5.comments menampilkan komentar
6.cell errors as mengatur karakter yang ditampilkan apabila terjadi eror
e.pilih urutan pembacaan pada kotak page order. Down then over dari atas ke bawah. Over then down dari kiri ke kanan
D.Mengelola Lembar Kerja dalam Buku Kerja
1. Mengganti nama lembar kerja
Ada 3 cara untuk mengganti lembar kerja yaitu
Cara1
a.klik lembar kerja yang akan diganti namanya
b.klik 2 kali tab lembar kerja tersebut
c.tekan tombol enter
Cara 2
a.klik tab lembar kerja yang akan di ganti namanya
b.klik kanan lalu pilih rename pada shortcut
c.ganti nama lembar kerja
Cara 3
a.klik tab lembar kerja yang akan diganti
b.pilih menu format → sheet → rename
2. Menyisipkan Lembar Kerja
a. pilih salah satu tab lembar kerja
b. tekan tombol kanan mouse
c. pilih insert pada menu shortcut
d. pilih worksheet pada tab general lalu tekan ok
3. Menyalin Lembar Kerja
a. pilih lembar kerja yang akan disalin
b. blok isi lembar kerja tersebut
c. tekan dan tahan tombol ctrl pada keyboard
d. pilih menu edit → fill → across worksheets. Fasilitas yang tersedia
1. down menyalin isi yang terletak di bwah
2. right menyalin isi sel yang terletak di kanan
3. up menyalin isin sel yang terletak di atas
4. left menyalin isi sel yang terletak sebelah kiri
e. pilih all kemudian tekan ok. Terdapat pilihan lain yaitu
1. contents menyalin isi sel
2. formats menyalin format selnya saja
Cara lain yang digunakan adlah sebagai berikut
a.pilih lembar kerja yang akan disalin
b.pilih menu edit → move or copy sheet
c.unuk menentukan lokasi ditempatkan pada daftar pilihan to book
d.pilih lokasi salinan lembar kerja pada kotak before sheet
e.tandai kotak create a copy
f.tekan tombol ok
a. pilih lembar kerja yang akan disalin
b. blok isi lembar kerja tersebut
c. tekan dan tahan tombol ctrl pada keyboard
d. pilih menu edit → fill → across worksheets. Fasilitas yang tersedia
1. down menyalin isi yang terletak di bwah
2. right menyalin isi sel yang terletak di kanan
3. up menyalin isin sel yang terletak di atas
4. left menyalin isi sel yang terletak sebelah kiri
e. pilih all kemudian tekan ok. Terdapat pilihan lain yaitu
1. contents menyalin isi sel
2. formats menyalin format selnya saja
Cara lain yang digunakan adlah sebagai berikut
a.pilih lembar kerja yang akan disalin
b.pilih menu edit → move or copy sheet
c.unuk menentukan lokasi ditempatkan pada daftar pilihan to book
d.pilih lokasi salinan lembar kerja pada kotak before sheet
e.tandai kotak create a copy
f.tekan tombol ok
A.Menggunakan Fasilitas Print Preview
Sebelum mencetak dokumen atau lembar kerja, terlebih dahulu melihat bentuk hasil pencetakan lembar kerja di layar monitor untuk memeriksa hasil cetakan sebelum dicetak menggunakan printer. Apabila hasil cetakan belum sesuai maka dapat dilakukan perbaikan untuk menghasilkan cetakn yang diinginkan. Untuk melihat bentuk hasil percetakan di layar monitor, dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas print preview.
Tombol – tombol pada tollbar Print Preview :
1. Next, Menampilkan halaman berikutnya
2. Previous, Menampilkan halaman sebelumnya
3. Zoom, Memperbesar atau memperkecil tampilan
4. Print, Menampilkan kotak dialog Print untuk melakukan percetakan
5. Setup, Mengatur halaman, ukuran kertas, header / footer, dan margin dengan menampilkan kotak dialog Page Setup
6. Margins, Mengatur garis batas halaman
7. Page Break Preview, Mengubah tampilan lembar kerja dalam format page break
8. Close, Menutup jendela Preview
9. Help, Memunculkan fungsi bantuan
B. Mencetak Lembar Kerja dan Buku Kerja
1. Mencetak Lembar Kerja
Untuk mencetak lembar kerja ke printer, sebelumnya lembar kerja sudah harus dibuka dan dalam keadaan aktif. Tidak semua lembar kerja perlu dicetak. Apabila akan mencetak sebagian dari lembar kerja, maka harus memblok terlebih dahulu bagian lembar kerja yang akan dicetak.
2. Mencetak ke File
Mencetak dokumen ke file sebenarnya sama dengan menyimpan lembar kerja tetapi format dan filenya berupa suatu cetakan seperti gambar. Dokumen yang dihasilkan dari pencetakan dokumen lembar kerja ke file tidak dapat dibuka menggunakan Microsoft Excel karena formanya tidak sama.
Pada kotak dialog Print terdapat beberapa pilihan yang di gunakan untuk mengatur percetakan lembar kerja, yaitu :
1. Printer, Di gunakan untuk menentukan kemana dokumen akan di
cetak.
2. Print Range, Di gunakan untuk menentukan halaman yang akan di
cetak.
3. Print what, Menetukan lembar kerja yang akan di cetak.
4. Copies, Menentukan jumlah salinan yang di hasilkan dengan
mengisi jumlah salinan yang akan dihasilkan pada kotak Number
of Copies.
C. Mengatur Tata Letak (Layout) Cetakan
1. Mengatur Kertas
Pengaturan hasil cetakan tidak terlepas dari pengaturan ukuran kertas, karena setiap pencetakn tidak selalu mengggunakan ukuran kertas yang sama. Penggunaan ukran ketas dapat berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan.
Pada bagian tab Page terdapat beberapa pilihan untuk menentukan format kertas yang di gunakan, yaitu :
a. Orientation, mengatur orientasi pencetakan.
b. Scaling, mengatur skala pencetakan.
c. Paper Size, menentukan ukuran kertas yang di gunakan.
d. Print Quality, menentukan kualitas pencetakan.
2. Mengatur Margin
Untuk menghasilkan hasil cetak yang baik, maka harus memperhatikan pengaturan margin. Margin merupakan jarak antara tepi halaman kertas dengan tepi bidang lembar kerja. Margin atau bidang pinggir halaman juga menentukan apakah bidang yang ingin dicetak dapat dibuat pada sebuah halaman atau tidak. Jika margin yang diatur melebihi batas halaman maka lembar kerja yang tercetak akan terputus.
Pengaturan margin dapat di lakukan dengan mengisi nilai margin dan pengaturan lainnya pada kotak yang tersedia, yaitu :
a. Top, mengatur batas atas kertas.
b. Bottom, mengatur batas bawah kertas.
c. Left, mengatur batas kiri kertas.
d. Right, mengatur batar kanan kertas.
e. Header, mengatur letak header dari tepi atas ke halaman.
f. Footer, mengatur letak footer dari tepi bawah ke halaman.
3. Mengatur Header dan Footer
Untuk membuat tampilan pencetakan lebih menarik, akan lebih baik apabila dibuat suatu baris tambahan dibagian atas dan bawah dari halaman yang disebut header dan footer. Tampilan header dan footer juga dapat dilihat sebagai judul yang muncul pada setiap halaman. Selain itu, header dan footer biasanya digunakan untuk memberi identitas pada hasil cetakan.
4. Mengatur Lembar Kerja
Pengaturan lembar kerja dapat digunakan untuk mengatur daerah pencetakan. Dengan menentukan daerah pencetakan, akan dapat mencetak dokumen yang menggunakan beberapa lembar kerja sekaligus. Selain itu juga dapat menentukan apakah dalam pencetakan dokumen akan ditampilkan elemen-elemen lembar kerja seperti bingkai lembar kerja dan garis skala.
D. Mengelola Lembar Kerja dalam Buku Kerja
1. Mengganti Nama Lembar Kerja
Apabila lapoan yang dibuat akan digunakan untuk isi data yang berbeda, diperlikan nama lembar kerja yang unik atau berbeda untuk membedakan lembar kerja tersebut dengan lembar kerja lainnya.
2. Menyisipkan Lembar Kerja
Secara default, Microsoft Excel menyediakan lembar kerja(sheet)yang dapat ditambahkan sesuai kebutuhan.
3. Menyalin Lembar Kerja
Isi suatu lembar kerja pada Microsoft Excel dapat disalin pada lembar kerja lain yang masih kosong. Hal ini dilakukan untuk memudahkan kita dalam bekerja pada saat memerlukan beberapa lembar kerja yang memiliki format dan isis yamg sama.
4. Memindahkan Lembar Kerja
Selain menyialin isi dari suatu lembar kerja, dapat juga memindahkan isi dari lembar kerja. Memindahkan lembar kerja sebenarnya tidak jauh beda dengan menyalin isi lembar kerja.
5. Menghapus Lembar Kerja
Suatu lembar kerja pada Microsoft Excel dapat dihapus apabila sudah tidak dibutuhkan. Untuk melakukan penghapusan lembar kerja, dapat digunakan berbagai cara.
Mencetak ke File
Untuk mencetak dokumen ke file dapat dilakukan dengan cara berikut
a.buka menu file → print
b.selanjutnya akan ditampilkan kotak dialog print. Tandai kotak print to file. Selanjutnya tekan tombpl ok
c.pada kotak dialog print to file masukan nama file pada kotak output file name
Langkah selanjutnya adalah
a.pilih menu file → print area → set print area
b.buka menu file → print
c.tandai kotak print to file dengan mengklik kotak tersebut. Selanjutnya tekan tombol ok
d.pada kotak fdialog print to file, masukan nama fil;e pada kotak output file name. hasil pencetakan dokumen akan tersimpan dalam bentuk file
C.Mengatur Tata Letak ( Layout ) Cetakan
MENGATUR TATA LETAK (LAY-OUT) CETAKAN
Dalam mencetak dokumen, kerapihan dan tataletak dokumen perlu diperhatikan. Untuk mengatur tata letak dokumen sebelum di cetak adalah sebagai berikut:
1. Pilih menu Print Preview
2. Klik tombol Setup
3. Terdapat beberapa pilihan menu diantaranya adalah
Orientation Protrait : Posisi kertas Vertikal (berdiri)
Landscape : Posisi kertas Horizontal (Tertidur)
Adjust To Mengubah ukuran dokumen (memperbesar atau memperkecil)
Paper size Mengubah ukuran kertas
Menu Margin Untuk menentukan batas dokumen dari atas, bawah, kanan dan kiri kertas
Menu Header/Footer Untuk menyisipkan kata-kata atau catatan kaki di setiap lembar dokumen baik di sebelah atas kertas atau di bawah kertas
4. Setelah semua di konfigurasikan, maka klik OK dan Klik Print untuk langsung di cetak
1. Mengatur kertas
Untuk mengubah ukuran kertas pada Microsoft excel dapat digunakan langkah langkah sebagai berikut.
a.pilih menu file → page set up
b.pada bagian tab page terdapat beberapa pilihan untuk menentukan format kertas, yaitu sebagai berikut
1.orientation mengatur orrientasi pencetakan atau tata letak kertas
2.scaling untuk mengatur skala pencetakan
adjust to menentukan ukuran pencetakan berdasarkan persentase
fit to memadatkan isi hasil pencetakan menjadi sejumlah halaman yang ditentukan
3.paper size menentukan ukuran kertas yang akan digunakan dalam pencetakan
4.print quality menentukan kualitas pencetakan
5.first page number menentukan halaman pertama, jika bukan 1.
6.untuk mengatur format pencetakan lainnya dapat digunakan tombol options
7.tombol print dilakukan untuk melakukan pencetakan ke printer
8.tombol print preview digunakan untuk menampilkan hasil cetak di layar monitor
2. Mengatur Margin
Untuk mengatur margin dapat digunakan langkah – langkah sebagai berikut.
a.Pilih menu file → page set up
b.Pilih tab margins
c.Selanjutnya dapat dilakukan pengaturan margin dengan mengisi nilai margin dan pengaturan lainnya pada kotak yang tersedia
1.top mengatur batas kertas atas
2.bottom mengatur batas kertas bawah
3.left mengatur batas kertas kiri
4.right mengatur batas kertas kanan
5.header mengatur jarak tepi atas halaman
6.footer mengatur jarak tepi bawah halaman
7.center on page mengatur posisi rata tengah halaman
3. Mengatur Header dan Footer
Untuk membuat header dan footer dapat dilakukun dengan cara sebagai berikut
a.pilih menu file → page set up
b.pilih tab headerdan footer
c.untuk membuat sendiri header dan footer dilakukan dengan menekan tombol costum header atau footer
d.isi kotak section dengan teks yang di inginkan
4. Mengatur Lembar Kerja
Langkah untuk mengatur lembar kerja sebagai berikut
a.pilih menu file → page set up
b.isi kotak print area
c.masukan judul pada print title
d.fungsi lain yang ada dalam lembar kerja hasil pencetakan
1.gridlines menampilkan garis skala
2.row and columnheadings menampilkan bingkai
3.black and white warna hasil pencetaka hitam dan putih
4.draft quality mencetak dengan kualitas draft
5.comments menampilkan komentar
6.cell errors as mengatur karakter yang ditampilkan apabila terjadi eror
e.pilih urutan pembacaan pada kotak page order. Down then over dari atas ke bawah. Over then down dari kiri ke kanan
D.Mengelola Lembar Kerja dalam Buku Kerja
1. Mengganti nama lembar kerja
Ada 3 cara untuk mengganti lembar kerja yaitu
Cara1
a.klik lembar kerja yang akan diganti namanya
b.klik 2 kali tab lembar kerja tersebut
c.tekan tombol enter
Cara 2
a.klik tab lembar kerja yang akan di ganti namanya
b.klik kanan lalu pilih rename pada shortcut
c.ganti nama lembar kerja
Cara 3
a.klik tab lembar kerja yang akan diganti
b.pilih menu format → sheet → rename
2. Menyisipkan Lembar Kerja
a. pilih salah satu tab lembar kerja
b. tekan tombol kanan mouse
c. pilih insert pada menu shortcut
d. pilih worksheet pada tab general lalu tekan ok
3. Menyalin Lembar Kerja
a. pilih lembar kerja yang akan disalin
b. blok isi lembar kerja tersebut
c. tekan dan tahan tombol ctrl pada keyboard
d. pilih menu edit → fill → across worksheets. Fasilitas yang tersedia
1. down menyalin isi yang terletak di bwah
2. right menyalin isi sel yang terletak di kanan
3. up menyalin isin sel yang terletak di atas
4. left menyalin isi sel yang terletak sebelah kiri
e. pilih all kemudian tekan ok. Terdapat pilihan lain yaitu
1. contents menyalin isi sel
2. formats menyalin format selnya saja
Cara lain yang digunakan adlah sebagai berikut
a.pilih lembar kerja yang akan disalin
b.pilih menu edit → move or copy sheet
c.unuk menentukan lokasi ditempatkan pada daftar pilihan to book
d.pilih lokasi salinan lembar kerja pada kotak before sheet
e.tandai kotak create a copy
f.tekan tombol ok
3. Menyalin Lembar Kerja
a. pilih lembar kerja yang akan disalin
b. blok isi lembar kerja tersebut
c. tekan dan tahan tombol ctrl pada keyboard
d. pilih menu edit → fill → across worksheets. Fasilitas yang tersedia
1. down menyalin isi yang terletak di bwah
2. right menyalin isi sel yang terletak di kanan
3. up menyalin isin sel yang terletak di atas
4. left menyalin isi sel yang terletak sebelah kiri
e. pilih all kemudian tekan ok. Terdapat pilihan lain yaitu
1. contents menyalin isi sel
2. formats menyalin format selnya saja
Cara lain yang digunakan adlah sebagai berikut
a.pilih lembar kerja yang akan disalin
b.pilih menu edit → move or copy sheet
c.unuk menentukan lokasi ditempatkan pada daftar pilihan to book
d.pilih lokasi salinan lembar kerja pada kotak before sheet
e.tandai kotak create a copy
f.tekan tombol ok
A.Menggunakan Fasilitas Print Preview
Sebelum mencetak dokumen atau lembar kerja, terlebih dahulu melihat bentuk hasil pencetakan lembar kerja di layar monitor untuk memeriksa hasil cetakan sebelum dicetak menggunakan printer. Apabila hasil cetakan belum sesuai maka dapat dilakukan perbaikan untuk menghasilkan cetakn yang diinginkan. Untuk melihat bentuk hasil percetakan di layar monitor, dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas print preview.
Tombol – tombol pada tollbar Print Preview :
1. Next, Menampilkan halaman berikutnya
2. Previous, Menampilkan halaman sebelumnya
3. Zoom, Memperbesar atau memperkecil tampilan
4. Print, Menampilkan kotak dialog Print untuk melakukan percetakan
5. Setup, Mengatur halaman, ukuran kertas, header / footer, dan margin dengan menampilkan kotak dialog Page Setup
6. Margins, Mengatur garis batas halaman
7. Page Break Preview, Mengubah tampilan lembar kerja dalam format page break
8. Close, Menutup jendela Preview
9. Help, Memunculkan fungsi bantuan
B. Mencetak Lembar Kerja dan Buku Kerja
1. Mencetak Lembar Kerja
Untuk mencetak lembar kerja ke printer, sebelumnya lembar kerja sudah harus dibuka dan dalam keadaan aktif. Tidak semua lembar kerja perlu dicetak. Apabila akan mencetak sebagian dari lembar kerja, maka harus memblok terlebih dahulu bagian lembar kerja yang akan dicetak.
2. Mencetak ke File
Mencetak dokumen ke file sebenarnya sama dengan menyimpan lembar kerja tetapi format dan filenya berupa suatu cetakan seperti gambar. Dokumen yang dihasilkan dari pencetakan dokumen lembar kerja ke file tidak dapat dibuka menggunakan Microsoft Excel karena formanya tidak sama.
Pada kotak dialog Print terdapat beberapa pilihan yang di gunakan untuk mengatur percetakan lembar kerja, yaitu :
1. Printer, Di gunakan untuk menentukan kemana dokumen akan di
cetak.
2. Print Range, Di gunakan untuk menentukan halaman yang akan di
cetak.
3. Print what, Menetukan lembar kerja yang akan di cetak.
4. Copies, Menentukan jumlah salinan yang di hasilkan dengan
mengisi jumlah salinan yang akan dihasilkan pada kotak Number
of Copies.
C. Mengatur Tata Letak (Layout) Cetakan
1. Mengatur Kertas
Pengaturan hasil cetakan tidak terlepas dari pengaturan ukuran kertas, karena setiap pencetakn tidak selalu mengggunakan ukuran kertas yang sama. Penggunaan ukran ketas dapat berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan.
Pada bagian tab Page terdapat beberapa pilihan untuk menentukan format kertas yang di gunakan, yaitu :
a. Orientation, mengatur orientasi pencetakan.
b. Scaling, mengatur skala pencetakan.
c. Paper Size, menentukan ukuran kertas yang di gunakan.
d. Print Quality, menentukan kualitas pencetakan.
2. Mengatur Margin
Untuk menghasilkan hasil cetak yang baik, maka harus memperhatikan pengaturan margin. Margin merupakan jarak antara tepi halaman kertas dengan tepi bidang lembar kerja. Margin atau bidang pinggir halaman juga menentukan apakah bidang yang ingin dicetak dapat dibuat pada sebuah halaman atau tidak. Jika margin yang diatur melebihi batas halaman maka lembar kerja yang tercetak akan terputus.
Pengaturan margin dapat di lakukan dengan mengisi nilai margin dan pengaturan lainnya pada kotak yang tersedia, yaitu :
a. Top, mengatur batas atas kertas.
b. Bottom, mengatur batas bawah kertas.
c. Left, mengatur batas kiri kertas.
d. Right, mengatur batar kanan kertas.
e. Header, mengatur letak header dari tepi atas ke halaman.
f. Footer, mengatur letak footer dari tepi bawah ke halaman.
3. Mengatur Header dan Footer
Untuk membuat tampilan pencetakan lebih menarik, akan lebih baik apabila dibuat suatu baris tambahan dibagian atas dan bawah dari halaman yang disebut header dan footer. Tampilan header dan footer juga dapat dilihat sebagai judul yang muncul pada setiap halaman. Selain itu, header dan footer biasanya digunakan untuk memberi identitas pada hasil cetakan.
4. Mengatur Lembar Kerja
Pengaturan lembar kerja dapat digunakan untuk mengatur daerah pencetakan. Dengan menentukan daerah pencetakan, akan dapat mencetak dokumen yang menggunakan beberapa lembar kerja sekaligus. Selain itu juga dapat menentukan apakah dalam pencetakan dokumen akan ditampilkan elemen-elemen lembar kerja seperti bingkai lembar kerja dan garis skala.
D. Mengelola Lembar Kerja dalam Buku Kerja
1. Mengganti Nama Lembar Kerja
Apabila lapoan yang dibuat akan digunakan untuk isi data yang berbeda, diperlikan nama lembar kerja yang unik atau berbeda untuk membedakan lembar kerja tersebut dengan lembar kerja lainnya.
2. Menyisipkan Lembar Kerja
Secara default, Microsoft Excel menyediakan lembar kerja(sheet)yang dapat ditambahkan sesuai kebutuhan.
3. Menyalin Lembar Kerja
Isi suatu lembar kerja pada Microsoft Excel dapat disalin pada lembar kerja lain yang masih kosong. Hal ini dilakukan untuk memudahkan kita dalam bekerja pada saat memerlukan beberapa lembar kerja yang memiliki format dan isis yamg sama.
4. Memindahkan Lembar Kerja
Selain menyialin isi dari suatu lembar kerja, dapat juga memindahkan isi dari lembar kerja. Memindahkan lembar kerja sebenarnya tidak jauh beda dengan menyalin isi lembar kerja.
5. Menghapus Lembar Kerja
Suatu lembar kerja pada Microsoft Excel dapat dihapus apabila sudah tidak dibutuhkan. Untuk melakukan penghapusan lembar kerja, dapat digunakan berbagai cara.
Seringkali ketika bekerja pada Excel, kita memerlukan kecepatan dalam menyelesaikan pekerjaan kita. Sehingga diperlukan cara yang bisa meningkatkan kecepatan kita dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Shortcut merupakan salah satu cara yang sangat efektif dalam meningkatkan kecepatan kerja. Hanya sayang seringkali kebanyakan pengguna Excel kurang memanfaatkan fasilitas shortcut yang telah disediakan oleh Microsoft dalam program Excelnya, kemungkinan hal ini dikarenakan ketidaktahuan para pengguna Excel tersebut akan shortcut-shortcut yang bermanfaat. Untuk sedikit menanggulangi hal ini, berikut akan dipaparkan beberapa shortcut Excel yang sering digunakan.
Berikut adalah beberapa shortcut Excel yang sering digunakan:
Tombol-tombol dasar
CTRL+N untuk membuka buku kerja (Workbook) baru
CTRL+O untuk membuka buku kerja (Workbook) yang telah ada
CTRL+P untuk mencetak lembar kerja (worksheet) aktif
Tombol-tombol untuk pindah dan menggulung (scrolling) di lembar kerja atau buku kerja
TOMBOL PANAH (arrow) untuk pindah satu sel ke atas, bawah, kiri, dan kanan.
CTRL+tombol panah untuk pindah ke tepi dari bagian data terpilih
HOME untuk berpindah ke awal dari baris aktif
CTRL+HOME Untuk berpindah ke sel pertama dari lembar kerja (A1)
CTRL+END untuk berpindah ke sel akhir dari data pada lembar kerja
PAGE DOWN untuk berpindah satu layar ke bawah
PAGE UP untuk berpindah satu layar ke atas
ALT+PAGE DOWN untuk berpindah satu layar ke kanan
ALT+PAGE UP untuk berpindah satu layar ke kiri
CTRL+PAGE DOWN untuk berpindah ke sheet berikutnya pada suatu buku kerja
CTRL+PAGE UP untuk berpindah ke sheet sebelumnya pada suatu buku kerja
CTRL+F6 atau CTRL+TAB untuk pindah ke buku kerja atau jendela berikutnya
CTRL+SHIFT+F6 atau CTRL+SHIFT+TAB untuk pindah ke buku kerja atau jendela sebelumnya
F6 untuk berpindah ke jendela berikutnya pada buku kerja yang telah di split
SHIFT+F6 untuk berpindah ke jendela sebelumnya pada buku kerja yang telah di split
CTRL+BACKSPACE menggulung untuk menampilkan sel yang aktif
TAB untuk berpindah satu sel ke kanan
SHIFT+TAB untuk berpindah satu sel ke kiri
Tombol-tombol untuk menyisipkan, menghapus, mengcopy sel terpilih
CTRL+C Copy sel terpilih
CTRL+X Cut sel terpilih
CTRL+V Paste sel terpilih
ALT+E+S Paste special
DELETE Menghapus konten sel terpilih
CTRL+Z Undo aksi terakhir
CTRL+SHIFT+TANDA PLUS (+) menyisipkan sel, baris atau kolom kosong
CTRL+SHIFT+TANDA MINUS (-) menghapus sel, baris atau kolom kosong
ALT+ENTER untuk memulai baris baru pada sel yang sama
SHIFT+F11 atau ALT+SHIFT+F1 untuk menyisipkan (insert) lembar kerja baru
F11 atau ALT+F1 untuk membuat chart dengan range sel terpilih
CTRL+F11 untuk menyisipkan Microsoft Excel 4.0 lembar macro
Tombol-tombol untuk format sel
ALT+’ (apostrophe) untuk menampilkan kotak dialog STYLE
CTRL+1 untuk menampilkan kotak dialog FORMAT CELLS
CTRL+SHIFT+~ untuk menggunakan format General number pada sel terpilih
CTRL+SHIFT+$ untuk menggunakan format Currency dengan dua desimal pada sel terpilih
CTRL+SHIFT+% untuk menggunakan format Percentage tanpa desimal pada sel terpilih
CTRL+SHIFT+^ untuk menggunakan format Exponential dengan dua desimal pada sel terpilih
CTRL+SHIFT+# untuk menggunakan format Date dengan hari, bulan, dan tahun
CTRL+SHIFT+@ untuk menggunakan format Time dengan jam dan menit, dengan indikasi A.M. atau P.M.
CTRL+SHIFT+! untuk menggunakan format Number dengan dua desimal, separator ribuan, dan tanda minus (–) untuk nilai negatif
CTRL+SHIFT+& untuk menggunakan garis tepi
CTRL+SHIFT+_ untuk menghapus garis tepi
CTRL+B untuk menggunakan atau menghapus format huruf tebal (bold)
CTRL+I untuk menggunakan atau menghapus format huruf miring (italic)
CTRL+U untuk menggunakan atau menghapus format garis bawah (underline)
CTRL+5 untuk menggunakan atau menghapus format coret (strikethrough)
CTRL+9 untuk menyembunyikan baris
CTRL+SHIFT+KURUNG BUKA (‘(‘) untuk menampilkan kembali baris yang tersembunyi
CTRL+0 (nol) untuk menyembunyikan kolom
CTRL+SHIFT+KURUNG TUTUP (‘)’) untuk menampilkan kembali kolom yang tersembunyi
Tombol-tombol untuk menampilkan kotak dialog
CTRL+F atau SHIFT+F5 untuk menampilkan kotak dialog FIND
SHIFT+F4 untuk mengulang aksi FIND terkahir (sama seperti FIND NEXT)
CTRL+H untuk menampilkan kotak dialog REPLACE
F5 untuk menampilkan kotak dialog GO TO
ALT+D+S untuk menampilkan kotak dialog SORT
CTRL+P atau CTRL+SHIFT+F12 untuk menampilkan kotak dialog PRINT
ALT+F8 untuk menampilkan kotak dialog Macro
ALT+F11 untuk menampilkan Visual Basic Editor
SHIFT+CTRL+PAGE DOWN untuk memilih sheet aktif dan sheet berikutnya pada buku kerja
SHIFT+CTRL+PAGE UP untuk memilih sheet aktif dan sheet sebelumnya pada buku kerja
Tombol-tombol untuk bekerja pada aktif sel atau formula bar
BACKSPACE untuk mengedit sel aktif dan kemudian menghapus isinya, atau menghapus satu karakter di sebelah kiri ketika kita mengedit sel
ENTER untuk menyelesaikan entri sel
CTRL+SHIFT+ENTER memasukkan formula sebagai array formula
ESC mengcancel entri di sel atau formula bar
CTRL+K menyisipkan hyperlink
F2 untuk mengedit sel aktif
= (TANDA SAMA DENGAN) memulai formula
ALT+= (TANDA SAMA DENGAN) untuk menyisipkan formula Auto Sum
CTRL+; (semicolon) untuk memasukkan tanggal
CTRL+SHIFT+: (colon) untuk memasukkan waktu
ALT+PANAH BAWAH untuk menampilkan list AutoComplete
CTRL+ENTER untuk mengisi range sel terpilih dengan entri yang sedang diketik
CTRL+D untuk mengisi sel aktif dengan nilai sel diatas sel aktif
CTRL+R untuk mengisi sel aktif dengan nilai sel dikiri sel aktif
F4 atau CTRL+Y untuk mengulang aksi sebelumnya
Tombol-tombol untuk memilih
CTRL+SPACEBAR untuk memilih kolom aktif
SHIFT+SPACEBAR untuk memilih baris aktif
CTRL+A untuk memilih seluruh lembar kerja
SHIFT+HOME untuk memilih dari sel aktif sampai ke sel pertama pada baris aktif
CTRL+SHIFT+HOME untuk memilih dari sel aktif sampai ke sel pertama dari lembar kerja aktif (A1)
CTRL+SHIFT+END untuk memilih dari sel aktif sampai ke sel terakhir dari lembar kerja aktif
CTRL+SHIFT+SPACEBAR untuk memilih seluruh lembar kerja
CTRL+A untuk memilih seluruh lembar kerja (hampir sama dengan CTRL+SHIFT+SPACEBAR)
SHIFT+TOMBOL PANAH untuk memilih sel per satu sel
CTRL+SHIFT+TOMBOL PANAH untuk memilih sampai sel tidak kosong terakhir
Tidak ada komentar:
Posting Komentar